Perhatikan gambar berikut!
Penjelasan:
1. /*Program Untuk Menentukan Jenis Segitiga*/
- Bagian tersebut merupakan judul dari program Coding yang akan kita buat.
2. Include <studio.h>
- Bagian tersebut menyediakan deklarasi untuk Fungsi-fungsi input dan output, Seperti printf, scanf, fopen, fclose, dll.
3. Int main ()
- Bagian tersebut merupakan titik awal dari eksekusi program. Ketika program tersebut dijalankan, eksekusi dimulai dari fungsi main ().
4. {
- Bagian tersebut digunakan untuk menandai blok pada suatu kode .
5. Int a, b, c
- Bagian tersebut adalah deklarasi variabel dalam bahasa pemprograman seperti c, c+, +. Int a, b, c ini mendeklarasikan tiga variabel yaitu a, b,dan, c dengan tipe data integar ( Int ).
6. Scanf ("%d %d %d", &a, &b, &c);
- scanf = digunakan untuk membaca data dari input standar dan menyimpannya ke variabel.
-%d %d %d"= digunakan untuk membaca tiga bilangan bulat.
- &a, &b, &c = variabel ini digunakan untuk menyimpan bilangan tersebut %d dalam bentuk variabel seperti &a atau &b.
7. -
8. If ( (a>= b + c) || (b>= a + c) || (c>= a + b)
- kondisi ini memeriksa apakah salah satu dari panjang sisi lebih besar dari atau sama dengan jumlah dua sisi lainnya. Jika salah satu kondisi ini benar, maka panjang sisi tidak dapat membentuk segitiga sesuai dengan ketentuannya.
9. Printf("bukan segitiga");
- jika salah satu kondisi diatas terpenuhi, maka akan dicetak " bukan segitiga ", yang menunjukan bahwa panjang sisi yang diberikan tidak membentuk segitiga.
10. Else
- else digunakan untuk menentukan apa yang harus dilakukan jika kondisi if tidak terpenuhi.
11 - 12. If ((a == b) && (b ==c))
Printf("segitiga sama sisi");
- digunakan untuk memeriksa apakah tiga variabel (a, b, dan c) memiliki nilai yang sama.
Jika nilai a, b, dan c semuannya sama, maka segitiga tersebut adalah segitiga sama sisi.
Printf(" segitiga sama sisi") ; akan membaca hasilnya yaitu "segitiga sama sisi" jika ketiga sisi memiliki panjang yang sama.
13 - 14. Else if ((a == b) || (b == c) || (a == b))
Printf ("segitiga sama kaki");
- else if digunakan untuk menguji kondisi tambahan setelah kondisi if utama. Jika kondisi if sebelumnya salah, kondisi di else if akan diuji.
- ((a == b) || (b == c) || (a == b)) adalah ekspresi logika yang menguji tiga kondisi yaitu:
• a == b memeriksa apakah nilai a sama dengan nilai b.
• b == c memeriksa apakah nilai b sama dengan nilai c.
• a == c memeriksa apakah nilai a sama dengan nilai c.
-Printf ("segitiga sama kaki");
Sama seperti sebelumnya, bahwa dalam konteks ini, jika salah satu dari kondisi else if terpenuhi (yaitu, dua sisi dari segitiga memili panjang yang sama), makan akan menghasilkan " segitiga sama kaki".
15 - 16. Else
Printf ("segitiga sembarang")
- else= situasi yang tidak memenuhi kondisi yang telah ditentukan sebelumnya. Artinya jika sisi segitiga yang dimasukkan tidak sesuai dengan kondisi sebelumnya maka segitiga tersebut termasuk kedalam segitiga sembarang, maka sistem dari program tersebut akan menghasilkan "segitiga sembarang".
17 - 18. Return 0;
}
- return 0;= digunakan untuk berakhirnya program yang dijalankan dan mengembalikkan nilai 0 ke pemanggil fungsi, berarti jika nilai yang dikembalikkan oleh fungsi tersebut dikirim dan dapat digunakan oleh bagian kode yang memanggil fungsi tersebut.
- }= bagian ini digunakan dalam bahasa c untuk menandai yang paling akhir dari sebuah program yang dijalankan.
Berikut dibawah ini merupakan hasil ( Output) dari program Coding tersebut:
1. Didalam program coding tersebut bahwasannya bilangan atau angka yang dimasukkan untuk sisi - sisi tersebut adalah
a=2 b=2 c=2, maka sistem tersebut nantinya akan membaca bahwa dari ketiga sisi segitiga tersebut sama, dan sistem tersebut akan mengeluarkan hasilnya yaitu: segitiga sama sisi.
2. Didalam program selanjutnya bilangan atau angka yang di masukkan adalah a=2 b=3 c=3, maka sistem tersebut nantinnya akan membaca bahwa dua dari tiga sisi bilangan tersebut sama, selanjutnya sistem tersebut nantinnya akan mengeluarkan hasilnya yaitu: Segitiga sama kaki.
3. Didalam Program selanjutnya bilangan atau angka yang dimasukkan adalah a=3 b=4 c=5, maka sistem tersebut nantinnya akan membaca bahwa ketiga sisi tersebut tidak sama, selanjutnya sistem tersebut nantinnya akan mengeluarkan hasilnya yaitu: Segitiga sembarang.
Demikian, informasi yang dapat saya sampaikan tentang memulai perjalanan didunia pemprograman (Coding), kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
0 $type={blogger}:
Posting Komentar